Rabu, 10 Juli 2013

PERALATAN SABLON MANUAL

 Peralatan untuk memulai sablon manual

Untuk memulai sablon manual dan yang ingin belajar sablon manual ada beberapa peralatan yang sering di gunakan untuk menyablon. saya akan memberitahukan fungsi dan peralatan apa saja yang biasa di gunakan untuk sablon manual ini, peralatan nya adalah sebagai berikut : 
  • 1. Film sablon. model gambar/desain/tulisan yang akan kita buat sebagai dalam obyek sablon (kaos, kertas, plastik, karton, dsb. Film ini dibuat melalui desain komputer yang di print pakai tinta laser atau tinta printer biasa. Desain sablon kebanyakan menggunakan Corel ataupun Adobe.

  • 2. Screen, adalah media yang dipakai untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Bentuknya balok yang disusun persegi empat kemudian dipasang kain khusus. Ukurannya bermacam-macam, misalnya ada screen yang berukuran 30x40cm, 20x30 cm, sampai ada screen ukuran "raksasa" yang biasa dipakai untuk buat spanduk.

  • 3. Rakel, fungsinya untuk mengkuaskan tinta sablon yang ada di Screen supaya tercipta gambar di obyek sablon. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang.

  • 4. Tinta sablon. Bermacam-macam jenis dan nama tinta tergantung dari hasil sablon yang kita inginkan,  Tinta buat sablon kaos ada banyak macamnya. Ada juga tinta sablon  yang timbul setelah kita setrika.

  • 5. Cairan-cairan pencampur. fungsinya untuk  mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan dan warnanya. Bisa cairan M3, M3 Super, tinner, minyak tanah, dan sebagainya.

  • 6. Meja sablon.fungsi meja sablon untuk melekatkan  obyek sablon. Meja sablon ini terbuat dari rangka besi atau kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon agar terlihat jelas saat menyablon.

  • 7. Hair dryer. fungsinya untuk mengeringkan sablon, apalagi pada saat musim hujan yang jarang ada sinar matahari.

  • 8. Lampu Neon. Diletakkan di bawah kaca meja yang ditempel dengan rangka besi ataupun kayu.

  • 9. Tempat penjemuran. Ini bisa berupa kayu panjang berukuran variatif tergantung banyak tidaknya kaos sablon yang di jemur agar cepat kering.

ini sebagian peralatan yang di pakai untuk sablon manual, sebenarnya masih ada beberapa alat pendukund yntuk sablon manual, tapi hanya sebatas alat pembantu saja. maka dari itu saya mencoba memberi informasi peralatan yang memang digunakan untuk menyablon, karena sebelum anda memulai sablon penting bagi anda untuk mengenal peralatan nya dan fungsinya masing-masing... Selamat berkreasi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar